Selamat Hari HUT Provinsi Kalimantan Selatan

Kalsel

Hut Provinsi Kalimantan Selatan yang Ke 66

Tema yang diangkat dalam peringatan hari jadi ini adalah “bacangkal mambangun banua”. Cangkal yang berarti giat atau rajin, maharagu artinya memelihara, dan banua bermakna sebutan untuk daerah Kalsel yang mencakup penduduk dan tradisi adat budaya. Secara keseluruhan, tema ini bermakna makin giat bekerja untuk memajukan Kalimantan Selatan, serta memelihara adat dan tradisi budaya banjar.

Menurut Gubernur, tema ini megandung berbagai pesan untuk menjadi renungan dalam berbagai dimensi pembangunan. Diantaranya, sifat “bacangkal” diperlukan untuk mewujudkan rencanan pembangunan ke depan, terutama dalam mewujudkan Kalsel Mapan (Mandiri dan Terdepan), lebih sejahtera, berkeadilan, berdikari, dan berdaya saing, sebagaimana visi Kalsel selama 5 tahun ke depan.

Rentang sejarah 66 tahun Pemprov Kalsel, para tokoh pimpinan dan pejuang telah berkarya silih berganti, setiap pemerintah yang berbakti di masa lalu maupun di masa kini ke semua berkerja keras dan bertekad membangun banua ini kearah yang lebih baik demi mencapai kesejahteraan masyarakat Kalsel. Karena itu, kita patut berterima kasih kepada para pimpinan dan tokoh pejuang. Kita berikan penghargaan yang tulus atas jasa dan pengabdian mereka yang berjuang demi pembangunan di Kalsel.

Gubernur juga mengajak semua pihak mari kita gelorakan semangat bekerja keras, “haram manyarah, waja sampai kaputing” untuk membangun banua yang tercinta ini. Karena dengan kerja keraslah kita bisa meraih cita-cita dan harapan untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera.

 

admin