Daily Archives: 14 February 2018

Pameran Kewirausahaan Mahasiswa

Pameran Kewirausahaan

Kegiatan Pameran Kewirausahaan Mahasiswa dalam rangka Rapat Koordinasi Kopertis Wilayah XI Kalimantan, di Hotel Golden Tulip-Banjarmasin, tanggal 12-13 Februari 2018.

 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh KOPERTIS WILAYAH XI KALIMANTAN, STIMI Banjarmasin sendiri mengirim peserta sebanyak  9 orang yaitu AHMAD GAZALI        , CHUMAIDI,  M. RIO MURSID WIJAYA, NAILUL MUNA, YUNIK RUSMAWATI,  AINI, RAUDATUL JANNAH, NOR ANISA, PUTRI TRISNAWATI. Adapun Dosen pendamping yang ditugaskan dalam kegiatan ini adalah NURHIKMAH, SH, MH, MM.

Jenis Kewirausahaan yang diikuti diantaranya adalah :

Beras dalam kemasan ( Jenis Unus Mutiara- Kab. ), Oleh Nor Anisa. Nama produk yang dibuat adalah Beras Unus dalam kemasan, dengan jenis beras Mutiara yang merupakan produksi Kelompok Tani Mayang Maurai di desa tempat tinggal saya. Produk ini telah dipasarkan di took oleh-oleh dan Minimarket di Kota Banjarmasin, seperti Toko di kawasan jalan Andalas, Yulia Minimarket, dan Dewi Mart. Usaha ini mulai dirintis pada tahun 2016 dan didampingi sepenuhnya oleh P2M STIMI Banjarmasin. Jenis usaha ini dipilih karena melihat adanya peluang pasar, beras Batola belum pernah dikemas, sehingga jika dikemas maka produk ini akan menjadi produk pertama.  Kendala yang dihadapi adalah dari segi promosi, masih banyak masyarakat yang belum tahu  dan mengakibatkan produk juga belum terlalu terkenal dimasyarakat.

Rumah Jahit dan Tata Rias (D-High Fashion- Kota Banjarmasin,Kalsel), oleh Putri Trisnawati. Memilih usaha rumah jahit dan tatarias karena hobby dan minat dibidang fashion dan secara kebetulan merupakan lulusan SMK dibidang busana. Dan merintis usaha sejak tahun 2012, sejak memiliki usaha sendiri Putri mampu mandiri dan membiayai kuliah sendiri. Namun usaha ini bukan tanpa kendala, usaha jasa dibidang ini penghasilan terkadang tiding menentu, sehingga kesulitan untuk merekrut karyawan secara tetap, untuk mengatasinya menjalin kerjasama dengan SMKN 4 dengan menempatkan siswi magang di usaha rumah jahit dan jasa tata rias/make up.

Kerajinan Kaligrafi, oleh Raudatul Jannah. Raudah menulis kaligrafi sejak Mts, sejak itu pula mulai mengikuti perlombaan. Lomba yang pertama kali diikuti dari tingkat Kabupaten di Kecamatan Jejangkit pada tahun 2012 belum berhasil menang.  Kemudian pada tahun berikutnya di Kecamatan Kuripan tahun 2013 berhasil mendapatkan juara ke-3, Di Kecamatan Mekar Sari tahun 2014 berhasil menjadi Juara Ke-1 dan selanjutnya mewakili Kabupaten Batola ke tingkat Provinsi namun belum berhasil, setahun kemudian ikut kembali di tingkat provinsi dan berhasil meraih juara harapan ke-1. Tahun 2016 kembali di tingkat provinsi meraih juara harapan ke-1. Baru pada MTQ tahun 2017 tingkat Provinsi berhasil menjadi juara ke-2.  Kendala dalam penulisan kaligrafi golongan mushaf, pertama biaya karena alat tuis untuk membuat mushaf tergolong mahal, kedua harus latihan kontinyu dan harus menguasai 7 macam khat.

Kerajinan Rajut Wol Taplak Meja, oleh M. Rio Mursyid Wijaya.

Pameran Kewirausahaan

Pameran Kewirausahaan

2 3 4