Monthly Archives: February 2018

Peresmian Galery Investasi BEI – STIMI Banjarmasin dan Seminar Pasar Modal 2018

3

4 5 6 7 8 9 101 2 3Kegiatan Peresmian Galery Investasi BEI STIMI Banjarmasin dan Seminar Pasar Modal 2018, bertempat Aula STIMI Banjarmasin, hari Senin tanggal 26 Februari 2018.

 

Dalam rangka memberikan wawasan pengetahuan tentang pasar modal dan alternative investasi yang aman dan sehat seperti saham kepada Mahasiswa , Dosen dan Karyawan serta masyarakat pada umumnya, maka STIMI Banjarmasin bekerjasama dengan IDX Stock Exchange Bursa Efek Indonesia (BEI) Banjarmasin menyelenggarakan kegiatan Seminar tentang Pasar Modal. Acara seminar ini dibuka secara resmi oleh Ketua STIMI Banjarmasin, Dr. Titien Agustina, M.Si. dan didukung sepenuhnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IX Kalimantan yang diwakili oleh Bapak Ali Ridwan yang merupakan Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal OJK Regional IX Kalimantan. Sebagai Narasumber dalam kegiatan seminar ini adalah Bapak Chairuddin Berlian Juveny (Vice President-Business Development PT RHB Sekuritas Indonesia) dan Bapak Mohammad Khadafi Mukrom (Vice President-Head of Regional Development PT BEI), sebagai Moderator dalam kegiatan seminar ini adalah Dosen STIMI Banjarmasin Ibu Nurhikmah, SH, MH, MM. Acara seminar ini diikuti sekitar 100 mahasiswa (i) STIMI Banjarmasin, KSPM STIMI Banjarmasin, KSPM dari PTS di Banjarmasin, para dosen serta karyawan.

Sebelum acara seminar dimulai dilakukan pula penandatanganan MoU antara STIMI Banjarmasin dengan PT. BEI serta STIMI Banjarmasin dengan PT RHB Sekuritas Indonesia, kemudian dilakukan pula Pengukuhan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) STIMI Banjarmasin yang dikukuhkan oleh Bapak M. Khadafi Mukrom Vice President-Head of Regional Development PT BEI.

Pameran Kewirausahaan Mahasiswa

Pameran Kewirausahaan

Kegiatan Pameran Kewirausahaan Mahasiswa dalam rangka Rapat Koordinasi Kopertis Wilayah XI Kalimantan, di Hotel Golden Tulip-Banjarmasin, tanggal 12-13 Februari 2018.

 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh KOPERTIS WILAYAH XI KALIMANTAN, STIMI Banjarmasin sendiri mengirim peserta sebanyak  9 orang yaitu AHMAD GAZALI        , CHUMAIDI,  M. RIO MURSID WIJAYA, NAILUL MUNA, YUNIK RUSMAWATI,  AINI, RAUDATUL JANNAH, NOR ANISA, PUTRI TRISNAWATI. Adapun Dosen pendamping yang ditugaskan dalam kegiatan ini adalah NURHIKMAH, SH, MH, MM.

Jenis Kewirausahaan yang diikuti diantaranya adalah :

Beras dalam kemasan ( Jenis Unus Mutiara- Kab. ), Oleh Nor Anisa. Nama produk yang dibuat adalah Beras Unus dalam kemasan, dengan jenis beras Mutiara yang merupakan produksi Kelompok Tani Mayang Maurai di desa tempat tinggal saya. Produk ini telah dipasarkan di took oleh-oleh dan Minimarket di Kota Banjarmasin, seperti Toko di kawasan jalan Andalas, Yulia Minimarket, dan Dewi Mart. Usaha ini mulai dirintis pada tahun 2016 dan didampingi sepenuhnya oleh P2M STIMI Banjarmasin. Jenis usaha ini dipilih karena melihat adanya peluang pasar, beras Batola belum pernah dikemas, sehingga jika dikemas maka produk ini akan menjadi produk pertama.  Kendala yang dihadapi adalah dari segi promosi, masih banyak masyarakat yang belum tahu  dan mengakibatkan produk juga belum terlalu terkenal dimasyarakat.

Rumah Jahit dan Tata Rias (D-High Fashion- Kota Banjarmasin,Kalsel), oleh Putri Trisnawati. Memilih usaha rumah jahit dan tatarias karena hobby dan minat dibidang fashion dan secara kebetulan merupakan lulusan SMK dibidang busana. Dan merintis usaha sejak tahun 2012, sejak memiliki usaha sendiri Putri mampu mandiri dan membiayai kuliah sendiri. Namun usaha ini bukan tanpa kendala, usaha jasa dibidang ini penghasilan terkadang tiding menentu, sehingga kesulitan untuk merekrut karyawan secara tetap, untuk mengatasinya menjalin kerjasama dengan SMKN 4 dengan menempatkan siswi magang di usaha rumah jahit dan jasa tata rias/make up.

Kerajinan Kaligrafi, oleh Raudatul Jannah. Raudah menulis kaligrafi sejak Mts, sejak itu pula mulai mengikuti perlombaan. Lomba yang pertama kali diikuti dari tingkat Kabupaten di Kecamatan Jejangkit pada tahun 2012 belum berhasil menang.  Kemudian pada tahun berikutnya di Kecamatan Kuripan tahun 2013 berhasil mendapatkan juara ke-3, Di Kecamatan Mekar Sari tahun 2014 berhasil menjadi Juara Ke-1 dan selanjutnya mewakili Kabupaten Batola ke tingkat Provinsi namun belum berhasil, setahun kemudian ikut kembali di tingkat provinsi dan berhasil meraih juara harapan ke-1. Tahun 2016 kembali di tingkat provinsi meraih juara harapan ke-1. Baru pada MTQ tahun 2017 tingkat Provinsi berhasil menjadi juara ke-2.  Kendala dalam penulisan kaligrafi golongan mushaf, pertama biaya karena alat tuis untuk membuat mushaf tergolong mahal, kedua harus latihan kontinyu dan harus menguasai 7 macam khat.

Kerajinan Rajut Wol Taplak Meja, oleh M. Rio Mursyid Wijaya.

Pameran Kewirausahaan

Pameran Kewirausahaan

2 3 4

Studi Banding STIMI Banjarmasin 2018

Studi Banding STIMI Banjarmasin 2018

Dalam rangka peningkatan kualitas dan pengembangan kampus STIMI Banjarmasin, dilaksanakan kegiatan Studi Banding Kampus STIMI Banjarmasin ke Universitas Merdeka Malang dan Universitas  Brawijaya Malang pada Januari 2018. Semoga dengan terlaksananya Studi Banding, menambah giat dan etos kerja Dosen serta Karyawan STIMI Banjarmasin.

Studi Banding STIMI Banjarmasin 2018 WhatsApp Image 2018-01-27 at 7.26.15 PM WhatsApp Image 2018-01-27 at 7.26.17 PM

STIMI Banjarmasin ikut SCUBA 2018

STIMI Banjarmasin pada SCUBA 2018

STIMI Banjarmasin pada SCUBA 2018 WhatsApp Image 2018-01-27 at 9.05.31 AM WhatsApp Image 2018-01-27 at 9.05.54 AM WhatsApp Image 2018-01-27 at 9.28.42 AM27-28 januari 2018, STIMI Banjarmasin mengikuti kegiatan Science dan Culture Banua Expo 2018 yang diselenggarakan oleh SMA Banua Bilingual Boarding School, Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Pada kesempatan itu STIMI Banjarmasin menjadi peserta Campus Fair. 

Kegiatan SCUBA 2018 sebagai rangkaian kegiatan peringatan ulang tahun SMA Bilingual Boarding School. Hadir dalam kegiatan tersebut berbagai macam sekolah tinggi dan universitas baik dari Kalimantan Selatan maupun dari luar bahkan kampus dari luar Indonesia (perwakilan untuk wilayah Indonesia), antara lain kampus ITB, UI, Unpad, Tiongkok University dan lain-lain.

Selain tingkat perguruan tinggi, hadir pula sekolah tingkat atas (SMA) dari berbagai wilayah dari Kalimantan Selatan yang menjadi peserta Lomba Science dan Culture.